Isi Artikel Utama

Abstrak

Para remaja telah terbiasa berdampingan dengan berbagai macam platform media sosial dalam kesehariannya. Di era teknologi informasi ini, keterbukaan informasi sangat cepat meningkat. Kecenderungan informasi atau kabar dari berbagai penjuru dunia sangat mudah didapatkan. Oleh karena itu kegiatan sosialisasi literasi perlu dilakukan kepada remaja untuk menambah pengetahuan mengenai bagaimana seharusnya menggunakan media sosial secara bijak agar memperoleh input sekaligus output yang baik. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan sasaran para siswa SMA YMIK 2 Jakarta dengan alasan domisili dan tempat kegiatan sehari-hari mereka, termasuk kegiatan sekolah, berada di Jakarta yang merupakan ibukota. Selain itu, gempuran informasi di era globalisasi ini sangat kencang menerpa kawasan perkotaan, apalagi ibukota. Dari kegiatan ini para siswa diharapkan dapat lebih selektif ketika menerima dan menyaring informasi yang mereka dapatkan dari media sosial agar tidak terjerumus mempercayai berita bohong atau hoaks. Pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan sosialisasi pengetahuan mengenai cara dan teknik dalam memilah informasi dan berkomunikasi yang baik dan bijak dengan menggunakan media sosial. Hal ini sangat penting dilakukan kepada para siswa karena masih minimnya pengetahuan tentang literasi media padahal mereka setiap hari melakukan aktivitas di media sosial.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arifiah, A., Lestari, A., & Nur Ichsan, M. (2022). Literasi Media sebagai Filter Hoaks di Media Sosial oleh Pelajar di Jakarta. Jurnal Masyarakat Siber (JMS), 1(1), 11–16. Diambil dari https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/article/view/43