Isi Artikel Utama
Abstrak
Bisnis budidaya tanaman hidroponik semakin populer terlebih di saat wabah pandemi Covid-19 menyerang. Banyak orang tertarik menekuni bisnis budidaya tanaman berbasis urban farming. Ada yang sekadar hobi, ada juga yang serius menjalaninya dan dijadikan bisnis home industry. Dengan berjalannya waktu, buah dan sayuran yang dihasilkan dari kegiatan menanam tanaman melalui sistem hidroponik semakin diminati. Kondisi ini tentunya akan membuat permintaan pasar pada sayur atau buah dengan sistem hidroponik semakin meningkat. TUNAS Hydroponics adalah UMKM yang berfokus pada budidaya sayur dan buah dengan system hidroponik. Berlokasi di Kp. Solear Cisoka Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Banten, TUNAS Hydroponics mulai menggeluti bisnisnya. Saat ini, mekanisme penjualan masih terbatas pada pelanggan memesan melalui kedatangan secara langsung ke lokasi TUNAS Hydroponics, SMS, maupun telepon. Kegiatan PKM yang dilakukan Tim PKM Prodi Manajemen UNSIA di Kp. Solear Cisoka Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Banten bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam pembuatan website, pembuatan content crative dan pemanfaatan social media dalam meningkatkan penjualan. Nilai tambah dari pelaksanaan PKM ini antara lain menambah skill dan pengetahuan kepada pemilik UMKM TUNAS Hydroponics terkait pemanfaatan media sosial dalam rangka peningkatan brand awareness dan juga lingkup pemasaran.E-Commerce