Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk melihat permasalahan pada saat pembelajaran online berlangsung. Banyak hasil pembelajaran siswa yang rendah karena banyaknya tugas yang diberikan oleh guru pada semua mata pelajaran sehingga menumpuk yang mengakibatkan siswa menjadi lelah, tidak antusias dalam belajar dan menjadikan hasil belajar siswa menjadi menurun. Tujuan dari pengabdian ini adalah menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana penerapan metode blended learning di SMA Islam Al Khalidin dan apa kendala yang dihadapi selama pelaksanaan blended learning di SMA Islam Al Khalidin. Dalam kegiatan tersebut, tim menyampaikan materi tentang blended learning kepada para peseta. Dengan diadakannya sosialisasi ini, guru dan siswa mengerti model pembelajaran lain yang lebih menyenangkan, guru juga dapat menyusun pembelajaran menjadi komponen ajar yang berkesinambungan antara materi yang diajar secara daring maupun luring. Dari pelatihan yang sudah dilaksanakan, peserta mendapatkan peningkatan pengetahuan mengenai blended learning dilihat dari pretest sebesar 72% dan posttest sebesar 78%.

Kata Kunci

blended learning pembelajaran sosialisasi pelatihan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ramadhona Hassolthine, C. ., Abdullah, S., & Yosa, E. (2023). Sosialisasi Blended Learning Sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal Masyarakat Siber (JMS), 2(1), 9–11. https://doi.org/10.71089/jms.v2i1.401

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama