Isi Artikel Utama

Abstrak

Guru sekolah dasar (SD) merupakan pondasi dasar setelah orang tua dalam membentuk generasi bangsa yang lebih baik. Namun sejak awal Tahun 2020, pandemi membuat pendidikan banyak berubah, baik itu dari sistem belajar mengajar, dan juga cara anak menanggapi atau merespon guru dalam proses belajar mengajar dalam kelas daring atau pun luring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat, khususnya guru-guru sekolah dasar dapat terbantu untuk meningkatkan kemampuan teknologi informasinya, agar mereka mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan yang telah terjadi, demi menciptakan generasi yang memiliki daya saing yang baik. Sepanjang pelaksanaan kegiatan tampak bahwa guru-guru memang belum menguasai cara membuat dan mengembangkan media pembelajaran digital yang baik dan menarik untuk siswa SD. Namun setelah diberikan materi dan kemudian dilihat dari kuis, beberapa guru memang sudah lumayan paham atas materi yang diberikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai peningkatan kemampuan teknologi informasi pada guru-guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis digital yang menarik baik itu buku ajar, slide presentasi, maupun membuat video di SDN 06 Paruntu, Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan, dengan tambahan peserta dari SDN 01 dan 02 Sribit, Delanggu, Jawa Tengah telah terlaksana dengan baik, berjalan lancar sesuai dengan rencana kegiatan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Asmar, K., Nurul Haq, F. A. S., Muliati, V. F., & Handaja, R. (2022). Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi pada Guru-Guru Sekolah Dasar (Pembuatan Media Pembelajaran yang Menarik). Jurnal Masyarakat Siber (JMS), 1(3), 64–68. Diambil dari https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/article/view/212

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama