https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jis/issue/feed Jurnal Ilmu Siber (JIS) 2024-03-12T09:08:14+07:00 Khasanah, S.Pd., M.Pd., M.Kom lppm@mail.unsia.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Ilmu Siber (JIS) adalah jurnal nasional yang berisi hasil penelitian kemajuan dan persilangan ilmu pengetahuan di ruang cyber (cyberspace), serta mengkaji dampak perubahan globalisasi dan perkembangan teknologi terhadap pertumbuhan sosial masyarakat di era 5.0.</p> <p> </p> <p>Silahkan daftar melalui link berikut:<a href="https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jis/user/register">Daftar</a></p> <p>Silahkan login melalui link berikut:<a href="https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jis/login">Login</a></p> https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jis/article/view/469 Manajemen Privasi Komunikasi KOL Oya Miranti di Media Sosial Instagram untuk Personal Branding 2024-03-10T11:19:17+07:00 Adinda Arifiah adindaarifiah@lecturer.unsia.ac.id Insiyatul Ikrimah Ikrimah@gmail.com Septi Mariyah Ulfah Ulfah@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan manajemen privasi komunikasi dalam penggunaan media sosial Instagram oleh Key Opinion Leader (KOL) Oya Miranti sehubungan dengan personal branding. Fokus dari penelitian ini adalah aktualisasi penerapan manajemen privasi komunikasi dalam pemanfaatan media sosial Instagram, strategi personal branding yang dilakukan, dan bagaimana seorang Oya Miranti yang merupakan Key Opinion Leader (KOL) menanggapi isu negatif terkait dirinya dalam upaya membangun personal branding di Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara kepada Key Opinion Leader (KOL) Oya Miranti dan penyajian data dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Key Opinion Leader (KOL) Oya Miranti menerapkan manajemen privasi komunikasi dalam pemanfaatan media sosial Instagram untuk membangun sebuah personal branding. Strategi yang dilakukan oleh Oya Miranti sederhana dan mudah sebagaimana ketika ia menghadapi isu negatif.</p> 2024-03-10T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jis/article/view/470 Penerapan Teknik Search Engine Optimization sebagai Strategi Peningkatan Pengunjung di Media Online Pikiran Rakyat Media Network 2024-03-12T09:08:14+07:00 Ayu Lestari ayulestari@lecturer.unsia.ac.id Baha Sugara baha@gmail.com <p><strong><em>Perkembangan teknologi informasi komunikasi dan internet membawa perubahan signifikan dalam paradigma media, terutama dalam hal konsumsi berita dan informasi. Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) sebagai media online yang beroperasi di era digital ini, dituntut untuk terus beradaptasi dan mengembangkan strategi agar dapat tetap bersaing secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengeoksplorasi bagaimana penerapan teknik Search Engine Optimization (SEO) sebagai strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs web tangerangkota.pikiran-rakyat.com. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian editor PRMN. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah melalui perkembangan teknologi strategi SEO mempunyai peranan penting dalam meningkatkan visibilitas dan peringkat dalam situs web, dengan penempatan kata kunci pada konten melalui judul, URL, heading article, meta description, gambar, dan isi artikel. </em></strong></p> 2024-02-08T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024