Isi Artikel Utama

Abstrak

Paradigma komunikasi kian mengalami kebaruan seiring dengan perkembangan teknologi. Paradigma komunikasi masa konvensional, dalam beberapa fenomena menjadi tidak relevan. Perubahan paradigma inilah yang kemudian melahirkan modifikasi dalam pengemasan sebuah pesan yang didistribusikan melalui berbagai platform digital, dimana masyarakat / users memegang penuh kendali atas akun pribadinya. Komodifikasi menjadi hal yang kerap ditemukan dalam fenomena viral di media sosial. Komodifikasi memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah pesan yang diproduksi dan didistribusikan secara luas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti akan menjabarkan bentuk komodifikasi konten apa saja yang ada di platform digital dan tujuan apa yang ditemukan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa komodifikasi konten utamanya untuk menambah follower, viewer, subscriber di platform media sosial, selanjutnya berlanjut menjadi proses bisnis seperti kegiatan endorsement. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komodifikasi konten merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan popularitas dan keuntungan materi.

Rincian Artikel